Memperbaiki batre laptop yang tidak dapat di charge/mati

Asalamualaikum sobat semua,.. saya baru saja menerima servisan laptop,dan kerusakannya adalah pada batrenya,.. batre tidak bisa di charge alias tidak berfungsi,. padahal laptopnya masih normal,. dan batrenya katanya sangat terawat,.. mungkin saking sayangnya,. dia nggak pernah pake batrenya kalo dirumah,. kemungkinan batre di lepas dan disimpan nah dari sini saya berpikir ini batre kehabisan arus karna lama nggak di pake,.
Akhirnya batre aku bongkar, untuk saya cek tegangan masing masing cell nya.
bongkar stiker batre
   Cukup bongkar stikernya saja, yangpenting kelihatan kutub2 baterey nya ,gunakan alat nbantu untuk menyambung kan kabel dengan kutub batre, dan test voltase masing masing batre dan ternyata....
test tegangan batre

tegangan yang keluar dari masing2 cell tersebut hanya 2volt. dan jelas itu jauh dari tegangan batre tersebut,yang mana tegangannya 3,8v. 

kemudian langkah penyelesaiannya ialah dengan meng charge masing masing cell/batre tsb, satu persatu, gunakan arus yang stabil, jangan di paksa dengan tegangan yang langsung mencapai tegangan batre. Disini saya charge mulai 2volt kemudian naikkan lagi tegangan dengan melihat jarum ampere yang ada pada adaptor/powersuply yaitu tidak lebih dari 1 ampere, tunggu saja same jarum ampere turun, kemudian naikkan lagi tegangan sedikit demi sedikit, hingga mencapai tegangan 4v/max.4,2v.
lakukan pada semua cell (disini ada 2x3cell)
dc powersuply 1amp. 0-15volt


setelah ketiganya sudah samarata tegangan mencapai 3,8volt berarti batre tersebut sudah terisi, dan conba pasanglan ke laptop dan masukkan charger
charging

dan selesai deh..
lumayan juga semaleman nunggu batre penuh, soalnya cellnya masih bagus dan batre masih normal (4jam lbh) dilaptop. 
oke itu saja posting saya hari ini, lain kali di sambung lagi dengan trik2 yang lain, berdasarkan pengalaman..